Home > SITUS FREEWARE > Langkah Menggunakan Google Custom Search

Langkah Menggunakan Google Custom Search

Langkah Menggunakan Google Custom Search Engine (Bag. 1)

Published Date November 3, 2008 by Ifank_funky

Ada beberapa pengunjung maseko.com yang menanyakan mengenai fasilitas pencarian yang ada di maseko’s weblog ini dimana mesin pencarian menggunakan Google tetapi hasil ditampilkan dalam halaman sendiri. Dalam bebeberapa tulisan sebenarnya telah saya sebutkan jika saya menggunakan Google Custom Search Engine (CSE) atau Pencarian Kustom Google.

Google CSE merupakan layanan yang disediakan Google kepada penggunanya untuk mengkustomisasi pencarian Google yang utamanya menentukan halaman-halaman website mana yang akan masuk dalam hasil pencariannya. Pengguna bisa menentukan hanya halaman dari satu website atau blog tertentu saja yang akan ditampilkan seperti yang saya terapkan di sini, beberapa website atau blog yang diinginkan, atau dapat pula seluruh website seperti halnya pencarian Google umumnya.

Selain penentuan halaman website yang akan masuk dalam hasil pencarian, pengguna juga dapat mengkustomisasi aspek lain seperti tampilan dan bagaimana ditampilkannya, mengintegrasikannya dengan Google Adsense yang memungkinkan kita memperoleh pendapatan dari pencarian yang dilakukan oleh pengunjung, dan juga menentukan siapa saja yang dapat berkolaborasi menentukan website yang akan masuk dalam hasil pencarian.

Langkah awal untuk dapat membuat mesin pencari kustom adalah masuk ke Google CSE dan login menggunakan Google Account. Jika belum mempunyai Google Account, lakukan registrasi lebih dahulu.

Jika sudah login, untuk membuat custom search engine baru klik tombol Buat Custom Search Engine. Oya, saya menggunakan bahasa pengantar dalam Bahasa Indonesia untuk langkah-langkah dalam Google CSE, dan untuk bahasa lain, sesuaikan saja.

Selanjutnya adalah melakukan konfigurasi mesin pencari yang akan dibuat. Pada bagian Informasi Dasar, masukkan nama, deskripsi, kata kunci, dan bahasa mesin pencari. Untuk kata kunci, ini merupakan kata kunci mesin pencari untuk keperluan orang lain menemukan custom search engine yang kita buat.

Masih pada halaman yang sama, di bawah form Informasi dasar, kita menentukkan apa yang akan dicari melalui mesin pencari ini, apa hanya situs terpilih, seluruh web dengan mengutamakan situs yang dipilih, atau seluruh web. Jika memilih situs terpilih atau seluruh web dengan mengutamakan situs terpilih, maka pada Pilih beberapa situs, diisi dengan satu atau lebih situsnya.

Format penulisan URL situs yang dipilih di atas, telah dijelaskan pula pada tips yang diberikan.

Memformat URL Anda

Selanjutnya adalah Edisi Google CSE yang dipilih apakah Edisi Standar atau Edisi Bisnis. Apabila mencari Edisi Standar, maka tidak perlu membayar alias gratis. Kemudian beri check pada Saya telah membaca dan menyetujui Persyaratan Layanan, dan klik Brkt.

Pada halaman berikutnya, kita dapat mencoba melakukan pencarian dengan custom search engine yang baru dibuat. Jika memang hasilnya sudah sesuai, klik Selesai. Selanjutnya kita akan dibawa pada halaman pengelolaan mesin pencari yang telah dibuat. Untuk tiap mesin pencari ada menu Situs untuk menuju halaman mesin pencari, Panel Kontrol untuk mengelola lebih lanjut mesin pencari, Statistik, dan Hapus.

Jika memilih Panel Kontrol pada link di atas, maka selanjutnya kita dapat mengatur berbagai setting termasuk mendapatkan kode-kode jika custom search engine tersebut akan digunakan dalam website atau blog kita. Saya coba tuliskan secara singkat menu-menu yang ada pada Panel Kontrol Google CSE.

Melalui menu Dasar-dasar, kita dapat mengedit informasi dasar, kata-kunci, dan bahasa mesin pencari seperti yang telah diisikan pada saat pembuatan custom search engine. Di sini pula, kita dapat menegatur preferensi bagaimana pencarian dilakukan, siapa yang dapat berkolaborasi, visibilitas, dan status iklan pada hasil pencarian. Jika situs web yang akan menggunakan merupakan situs web nirlaba, universitas, atau pemerintah dapat saja memilih untuk tidak menampilkan iklan pada hasil pencarian. Namun, jika bukan atau yang akan mengintegrasikan dengan Google Adsense maka harus memilih untuk menampilkan iklan.

Melalui menu Situs, selain untuk mengedit, menambahkan, atau menghapus situs-situs yang akan masuk dalam hasil pencarian Google CSE ini seperti yang sebelumnya telah ditentukan pada saat pembuatan, juga dapat menentukan situs-situs yang akan dikecualikan dalam hasil pencarian. Format penulisan URL situs adalah seperti yang telah dijelaskan di atas. Untuk mesin pencarian kustom pada maseko’s weblog ini misalnya, akan mengecualikan halaman-halaman indeks kedua dan seterusnya, kategori, dan halaman .xml seperti pernah saya tuliskan di sini. Perlu diingat pula bahwa apa yang nantinya akan muncul dalam hasil pencarian adalah halaman-halaman web yang memang sudah terindeks oleh Google.

Melalui menu Mengindeks, kita dapat melihat satus pengindeksan yaitu perkiraan halaman yang terindeks dalam custom search engine ini. Di sini pula diberikan link untuk memasukan peta situs (sitemap) melalui layanan Google Webmaster Tools. File Sitemap ini dapat dimanfaatkan untuk mempermudah Google dalam mengindeks halaman-halaman dalam suatu situs web.

Melalui menu Perbaikan, kita dapat mengatur penyempitan berupa label-label yang diterapkan dalam hasil pencarian jika pengguna melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu. Saya sendiri belum menggunakan fasilitas ini karena memang belum paham bagaimana memanfaatkannya.

Dalam menu Tampilan dan nuansa, kita dapat mengatur style yang akan digunakan seperti bentuk form pencarian, warna-warna dalam hasil pencarian, dan juga logo yang akan digunakan jika hasil pencarian menggunakan halaman yang dihosting Google tanpa menyisipkan dalam halaman web atau blog sendiri.

Melalui menu Kode, kita dapat melihat kode yang dapat digunakan untuk menampilkan form dan hasil pencarian tergantung cara kita akan memanfaatkan Google CSE dalam website atau blog kita. Jika memilih Meng-host hasil pada halaman Google, maka akan diberikan kode untuk form pencariannya. Jika memilih Meng-host hasil di situs Web Anda, maka ada dua pilihan yaitu dengan menggunakan iframe atau dengan menggunakan API AJAX Search. Untuk maseko.com sendiri menggunakan cara iframe, dengan ini hasil pencarian sebenarnya masih dihosting di Google hanya disisipkan pada halaman sendiri melalui tag iframe. Untuk kustomisasi lebih lanjut dapat saja menggunakan API Ajax Search yang memungkinkan menggunakan javascript dan dan CSS sendiri dalam hasil pencarian. Untuk penggunaan cara iframe seperti yang diterapkan dalam blog ini rencananya akan saya tulis dalam Bagian 2 tulisan ini.

Melalui menu Kolaborasi, kita dapat melihat kontributor yang aktif, daftar sukarelawan yang berminat berkolaborasi dalam Google CSE yang kita buat dan juga formulir untuk mengundang orang lain bergabung.

Melalui menu Mendapatkan penghasilan, di sini kita dapat mengintegrasikan account Google Adsense yang kita miliki dengan Google CSE yang dibuat, sehingga ketika ada sesorang yang melakukan pencarian dan mengklik iklan dalam hasil pencariannya, maka kita akan mendapatkan bagian penghasilan.

Menu lainnya dalam Panel Kontrol Google CSE adalah menu Akun Bisnis yang berisi tawaran untuk menggunakan Google Site Search yang berbayar, menu Lanjutan untuk mengupload file penjelasan situs yang dimasukkan dan dikecualikan, dan menu Pratinjau untuk melihat hasil Google CSE yang dibuat dan sebagai sarana untuk mencoba melakukan pencarian.

Seperti itu langkah-langkah membuat custom search engine dengan Google CSE beserta penjelasan singkat berbagai aspek dalam mengatur Google CSE melalui Panel Kontrol yang disediakan. Seperti yang saya singgung di atas, pada Bagian 2 tulisan ini, akan saya coba tulis bagaimana menggunakan Google CSE dalam website atau blog kita dimana hasil pencarian seolah-olah masih berada dalam website kita seperti yang diterapkan pada blog ini.

Categories: SITUS FREEWARE
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: