Home > Windows > Periksa celah keamanan program di komputer dengan Secunia PSI

Periksa celah keamanan program di komputer dengan Secunia PSI

Dengan banyaknya software/program yang di install di komputer, terkadang kita kurang memperhatikan masalah keamanan dari software tersebut. Karena kita juga mungkin tidak tahu program mana yang memungkinkan menjadi celah keamanan komputer.

Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan mengupdate software-software yang digunakan, tetapi mungkin hal ini akan merepotkan. Bagaimana cara mudahnya ?

 

Secunia, yang merupakan salah satu website di bidang security, telah menyediakan software gratis untuk mempermudah user memeriksa berbagai celah keamanan yang mungkin terjadi dari berbagai software atau program yang di install di komputer. Dan tanggal 25 November 2008 kemarin, setelah melalui perjalanan yang cukup lama mereka merilis versi final software ini, yaitu Secunia PSI (Personal Software Inspector).

Apa fitur Utama Secunia PSI ?

Secara Umum, Secunia PSI berfungsi memeriksa berbagai software (program) yang di install di komputer dari celah keamanan, versi terbaru (update), program apa yang memungkinkan muncul celah keamanan. Berikut selengkapnya :

  • Scan, melakukan scan terhadap program-program yang ada di komputer
  • Insecure Program, memberikan informasi program yang “kurang aman” dan memberikan informasi : link download program terbaru atau solusinya, add/remove program, referensi online, detail dan sebagainya.
  • End of Life, memberikan informasi program yang tidak di support lagi oleh vendor pembuatnya. Disertai link download versi terbaru atau untuk uninstall.
  • Patched, memberikan informasi program yang dideteksi, tetapi diketahui tidak mempunyai update security ( jadi mungkin tidak memerlukan perhatian yang lebih )
  • Overview, memberikan informasi (gambaran umum) kondisi komputer setelah di scan.

Selain itu, Secunia juga memeriksa plugins Web Browser seperti Adobe Flash Player juga Adobe Acrobat Reader, Quick TIme, dan lainnya.

Di ZDNet, Secunia PSI dimasukkan dalam 10 Essential security tools, dan berada di urutan no.1 dalam kategori free software. Sehingga layak dicoba dan di koleksi. Aplikasi ini hanya berukuran sekitar 521 KB dan bisa berjalan di platform Windows 2000, XP 32/64bit, dan Vista 32/64bit. Agar bisa berjalan (Scan) maka perlu adanya koneksi internet. Jadi jika digunakan secara offline software ini tidak akan banyak bermanfaat.

Dimana Download software ini ?
Bisa diperoleh melalui situs download.com. Download Secunia PSI

Sumber : ebsoft.web.id

Categories: Windows
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: