Home > TIPS & TRICK, Windows > Menjalankan LiveCD ISO

Menjalankan LiveCD ISO

Bagi yang belum tahu, LiveCD merupakan CD/DVD yang berisi sistem operasi dan bisa dijalankan tanpa memerlukan hardisk (di ebsoft sering disebut juga Bootable CD). Biasanya sering digunakan untuk recovery data, test sistem operasi, membersihkan virus, menganalisa kerusakan komputer dan lainnya. Pada umumnya untuk menjalankan LiveCD, file yang berformat .ISO harus diburning ke CD terlebih dahulu.

Bagaimana jika kita ingin mencoba terlebih dahulu BootableCD/LiveCD tersebut tanpa harus memburning ke CD ? Salah satu caranya adalah dengan software Virtualisasi / Virtual Machine. Software komersial yang terkenal adalah VMware, yang besarnya lebih dari 200MB, tetapi ada software lain yang lebih mudah dan gratis.

Namanya adalah Virtual Box (Sun xVM Virtual Box). Melihat dari namanya software ini di produksi oleh SUN Microsystem, nama yang sudah tidak asing lagi. Sampai saat ini VirtualBox dapat dijalankan di Windows, Linux, Macintosh dan OpenSolaris. Dan dapat digunakan untuk virtualisasi sistem operasi seperti Windows (NT 4.0, 2000, XP, Server 2003, Vista), DOS/Windows 3.x, Linux (2.4 and 2.6), dan OpenBSD.

Dengan VirtualBox, selain bisa digunakan untuk mencoba menginstall sistem operasi, juga bisa digunakan untuk mencoba file ISO image. Misalnya UBCD4Win, Avira Rescue CD, dan file recovery lainnya yang berformat ISO. Selain itu untuk membuat tutorial menginstall sistem operasi juga akan lebih mudah, karena langkah-langkahnya bisa di capture dan gambar/screenshot-nya bisa disimpan.

Cara Menggunakan VirtualBox

Untuk mencoba VirtualBox, disini akan digunakan File UBCD4Win.iso. Ikuti langkah-langkah seperti yang ditampilkan seperti berikut :

  1. Jalankan VirtualBox
  2. Klik Icon New atau melalui menu Machine > New
  3. Akan Muncul proses pembuatan dalam langkah-langkah (Wizard) yang masing-masing disertai dengan keterangan, yaitu :
    • VM Name and OS Type. Beri Nama project yang akan dijalankan, dan pilih Tipe sistem Operasi yang akan dijalankan, jika belum tahu pilih saja OS Type : Other/Unknown.
    • Memory. Set Memory Komputer yang akan digunakan untuk menjalankan virtual machine.
    • Virtual Hardisk. Buat baru atau gunakan Hardisk Image jika sudah ada
    • Finish. Proses pembuatan Machine Virtual sudah selesai
  4. Proses berikutnya adalah memilih file ISO (UBCD4Win.iso). Dari menu tampilan utama, Klik Daftar machine yang ada (VM Name), kemudian klik Icon setting
  5. Pilih daftar CD/DVD-ROM, dan bagian kanan cek pilihan Mount CD/DVD Drive, kemudian pilih/cke ISO Image File dan klik icon folder untuk mencari file UBCD4Win.iso. Jika sudah selesai klik OK
  6. Virtual Machine siap dijalankan, dengan memilih daftar VM Name, kemudian klik Icon Start

Ingin Mencoba ? Download VirtualBox disini ( 23 MB)

Software Virtualisasi Portable

Selain VirtualBox, ada lagi software virtualisasi portable (tidak perlu instalasi), dengan ukuran hanya sekitar 1.5 MB, yaitu MobaLiveCD. Meski fasilitas yang diberikan jauh dibawah VirtualBox, tetapi saya mencoba dengan aplikasi ini untuk menjalankan UBCD4Win dan juga berhasil.

Download MobaLiveCD Disini ( 1.5 MB)

Categories: TIPS & TRICK, Windows
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: