Home > SITUS FREEWARE, Situs Oke, TIPS & TRICK > Google Sites: Pembangun Website Wiki dari JotSpot, eh Google

Google Sites: Pembangun Website Wiki dari JotSpot, eh Google

Melalui email, Google mengabarkan bahwa sudah menambahkan layanan baru pada Google Apps, yaitu Google Sites. Sehabis makan siang tadi, saya sempatkan masuk account saya di Google Apps untuk domain maseko.com untuk mencobanya, setelah pagi tadi memastikan adanya tambahan layanan baru yang saya lihat pada Dashboard: Sites (beta) dengan status aktif. Saya sendiri awalnya heran mengapa Google menawarkan sesuatu yang sebelumnya sudah ada yaitu Google Web Pages. Namun, setelah masuk dan mencobanya, layanan baru ini memang berbeda dengan sebelumnya, karena yang saya temui adalah seperti pembangun website wiki.

Wiki? Bukankah dulu Google pernah mengakuisisi pembangun wiki JotSpot, apakah ini ada hubungannya? Menggunakan kata kunci “Google Sites” JotSpot membawa saya pada berita di CNET News.com, dan memang benar ada kaitannya, kurang lebih di sana dikatakan Google Sites merupakan penjelmaan dari JotSpot. Saya sendiri belum pernah mencoba produk JotSpot sebelumnya, makanya setelah lebih dahulu mencobanya, saya masih belum mengenalnya.

google-sites-ifank

Saat ini, dengan menggunakan layanan tersebut pengguna Google Apps dalam suatu domain misalnya saling berkolaborasi mengembangkan website. Cara menggunakannya pun dapat dikatakan mudah, membuat dan mengisi halaman tanpa membutuhkan pengetahuan HTML atau script lainnya. Google mengatakan ini semudah mengedit dokumen, hanya saja nantinya menjadi halaman website.

Di Google Site, pengguna dapat mengupload file, menggunakan apliaksi lain dari Google seperti Google Docs, Picasa, Video, Calendar, YouTube, serta gadget-gadget lainnya. Bermacam theme website sudah disediakan di Google Site, dan selanjutnya dapat disetel bagaimana skema warna dan font yang digunakan dalam website, juga mengubah logo dari logo Google yang tampil default dengan file image yang kita upload.

Tidak hanya satu, kita dapat membuat banyak website melalui layanan ini yang masing-masing dapat disetel siapa saja yang dapat mengaksesnya: kita sendiri, anggota dalam suatu domain atau dapat mengikutsertakan anggota dari domain lain. Ada juga pilihan agar nantinya website dapat dilihat oleh publik.

Jika komunitas Anda memerlukan website wiki untuk mengkolaborasikan tulisan dan hal lain dari anggota-anggotanya, Google Sites dapat dijadikan alternatif, tanpa mempersiapkan hal-hal teknis seperti menginstal software wiki dan menyiapkan tempat hostingnya.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: