Home > Berita Heboh > MUI Keluarkan Fatwa Haram Facebook?

MUI Keluarkan Fatwa Haram Facebook?

Hari ini saya dikejutkan dengan berita terkait usulan beberapa ulama di Jawa Timur ke MUI agar mengeluarkan fatwa HARAM menggunakan situs jejaring sosial Facebook.

berikut saya kutip dari tempointeraktif.com:

Juru bicara Pondok Pesantren Lirboyo Nabil Haroen mengatakan pembahasan facebook dalam forum ini memiliki alasan yang kuat. Interaksi dunia maya ini dinilai menjadi salah satu pemicu hubungan negatif dengan lawan jenis. Sebab semua materi percakapan tersebut nyaris tak terkontrol dan berlangsung bebas. “Beberapa anak muda menggunakannya untuk mojok dan berbicara maksiat,” kata Nabil.

Buset dah..Saya saya tidak setuju dengan pendapat dari jubir ponpes tersebut. Kenapa? karena saya kira facebook mempunyai banyak manfaat daripada kerugiannya. Seringkali kita bisa berkomunikasi kembali dengan teman lama kita, menjalin silaturahmi, dll. Facebook juga bisa menjadi tempat dakwah, saling berbagi ilmu, dan membentuk komunitas-komunitas yang positif.Apa itu salah?

Di sini tergantung kita sendiri dalam memanfaatkan facebook untuk kepentingan yang baik ataukah untuk kepentingan yang buruk. Semua itu kembali ke diri kita masing-masing. Saya kira para pengguna facebook juga lebih banyak menggunakan situs jejaring sosial ini untuk kepentingan yang positif.

Selain itu, saya juga bertanya-tanya kenapa cuma facebook yang dipermasalahkan? Toh masih banyak jejaring sosial yang lain di luar sana. Lagian, menurut saya facebook sangat menghargai privasi kita dan facebook sangat menjaga keamanan pengguna. Misalnya saja bila kita memasang foto yang dinilai sedikit vulgar, facebook seringkali menghapus foto tersebut.

Saya rasa MUI tidak usah mempersoalkan masalah facebook ini. Lebih baik MUI mengurusi tentang SMS-SMS Premium yang berhubungan dengan misteri dan seks.

Saya sangat berharap MUI tidak gegabah dalam setiap kali mau mengeluarkan fatwa haram, termasuk tentang facebook ini. MUI harus meninjau aspek positif dari facebook itu sendiri. Setuju?

 

saya disini hanya menyampaikan uneg-uneg saya. saya tidak bermaksud menjelek-jelekkan pihak manapun.

Peace!!!

silakan berkomentar!

Categories: Berita Heboh
  1. engeldvh
    25 May 2009 at 10:15

    Betul itu, MUI ga usah ngurusin yang gituan seharusnya……
    Lagian, yang salah bukan Facebooknya, ORANGNYA MAS!!! Wkwkwkw
    http;//engeldvh.wordpress.com

    ______________________________________________________________
    tau neh MUI ngurusin anak muda yang mau gaul jaman sekarang.

  2. 28 May 2009 at 15:21

    Haram atau halal, bagiku lebih baik nggak usah facebook- facebookan ah . Terlepas dari manfaat atau mudharatnya , ’siapa’ sih sebenarnya pencipta facebook yang mendadak kaya raya karena larisnya facebook ini?
    Mark Zuckerberg, (born May 14, 1984) is an American computer programmer and entrepreneur…etc.Zuckerberg was raised in Dobbs Ferry, New York, by his Jewish parents, Edward and Karen Zuckerberg…etc
    jewish = yahudi = israel
    Jadi, facebook 100% produknya orang yahudi.
    profil aku copast dari:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Mark_Zuckerberg

  3. Ifank
    28 May 2009 at 23:50

    Ok deh mas.thank u da komen and kunjungi blog saya ini.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: