Home > Info Film Baru > THE HURT LOCKER : Sisi Manusiawi Dari Tim Penjinak Bom

THE HURT LOCKER : Sisi Manusiawi Dari Tim Penjinak Bom

Terbayangkah anda menjadi penjinak bom yang di tempatkan di Irak dalam situasi perang? Mempertaruhkan nyawa di depan bom-bom yang siap meledak sampai radius ratusan meter. Melihat pemandangan terbunuhnya anak-anak, hancurnya mobil dan gedung, jauh dari keluarga serta teman-teman. Inilah keadaan yang harus dihadapi oleh satuan militer elit penjinak bom AS,

Menjinakkan bom bukanlah suatu perkara yang mudah meskipun dilakukan oleh penjinak bom sekalipun. Prosedur keamanan dengan standar militer menjadi faktor utama dalam menjalankan tugas ini. Namun oleh James (Jeremy Renner), pimpinan Tim Explosive Ordnance Disposal (EOD) yang dikirim ke Irak ini menomor duakan hal tersebut.

Berawal ketika ia menggantikan posisi Matt Thompson (Guy Pearce) yang tewas saat menjinakkan bom. Anak buahnya J.T. Sanborn (Anthony Mackie) dan Owen Eldridge (Brian Geraghty) merasakan kehadiran pimpinan barunya tersebut sangat membahayakan, karena sebagai eksekutor james tidak pernah mengutamakan keselamatan. Terlihat saat ia melemparkan bom asap, melepas rompi anti bom, dan melepas headset komunikasi saat melaksanakan tugas tersebut. Tugas mereka untuk menjinakkan bom yang bertebaran di area yang akan di lewati oleh Tentara Amerika menjadi tontonan yang menegangkan.

Di film berdurasi 131 menit ini akan menyadarkan penonton tentang kreatifitas Tentara Irak dalam menyimpan, merakit dan meledakkan bom. Sisi manusiawi dan kesetiakawanan dari seorang prajurit juga di tampilkan dalam film ini.

Jeremy Renner sebagai pemeran utama, memaksimalkan aktingnya dengan terjun langsung berlatih dengan tim Explosive Ordnance Disposal (EOD) yang sesungguhnya. Dan usahanya tersebut ternyata tidak sia-sia, Renner mendapat anugerah Best Male Lead di Independen Awards.

Penulis skenario di film ini, Mark Boal yang juga menulis di majalah Playboy, The Village Voice ,dan Rolling Stone Magazines mengatakan, film ini merupakan film tentang Perang Irak pertama yang berlatar belakang dari pengalaman prajurit. Untuk mendapatkan latar belakang Perang Irak, film ini memilih tempat di Amman, Yordania setelah sebelumnya dipindahkan dari Pangkalan Militer AS di Kuwait karena tidak mendapatkan ijin. Secara keselurahan film ini memang layak mendapat penghargaan, maka tak heran jika pada tahun 2008 memenangkan Human Rights Film Network Award, SIGNIS Award, Sergio Trasatti Award, Young Cinema Award, Young Cinema Award.

 

Sumber : http://www.21cineplex.com

Categories: Info Film Baru
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: