Home > TIPS & TRICK > Win XP Tweaks

Win XP Tweaks

Artikel ini untuk melanjukan artikel sebelumnya tentang Tweaks Buat Windows SP2 yang saya buat.

———–
Startup
———–

Windows Prefetcher
******************
[HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Control \ Session Manager \ Memory Management \ PrefetchParameters]

Tombol di bawah ini ada pengaturan yang disebut EnablePrefetcher, pengaturan standar di antaranya adalah 3. Jumlah ini meningkat hingga 5 memberikan prefetcher sistem sumber daya sistem lebih prefetch untuk aplikasi data beban kali lebih cepat. Tergantung pada jumlah proses boot Anda berjalan di komputer Anda, Anda mungkin mendapatkan keuntungan dari pengaturan hingga 9. Namun, saya tidak memiliki data penelitian substantif pengaturan di atas 5 jadi saya tidak bisa memastikan keunggulan pengaturan yang lebih tinggi. Pengaturan ini juga dapat berpengaruh pada loading kali Anda paling sering meluncurkan aplikasi. Pengaturan ini tidak akan berlaku sampai setelah reboot sistem anda.

Master file Tabel Zona Reservasi
**********************************
[HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Control \ Filesystem]

Tombol di bawah ini ada pengaturan yang disebut NtfsMftZoneReservation, pengaturan standar di antaranya adalah 1. Kisaran dari nilai ini adalah 1-4. Pengaturan standar cadangan satu-kedelapan dari volume untuk MFT. J pengaturan dari 2 cadangan satu seperempat dari volume untuk MFT. J setelan 3 untuk NtfsMftZoneReservation cadangan tiga eighths dari volume untuk MFT dan pengaturan ke 4 cadangan setengah dari volume untuk MFT. Kebanyakan pengguna tidak akan pernah melebihi satu seperempat dari volume. Saya sarankan pengaturan dari 2 untuk kebanyakan pengguna. Hal ini memungkinkan untuk “moderat jumlah file” setara dengan jumlah kecil file yang termasuk dalam sebagian besar permainan komputer dan aplikasi. Reboot setelah menerapkan tweak ini.

Optimalkan Boot File
*******************
[HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ Dfrg \ BootOptimizeFunction]

Tombol di bawah ini adalah teks nilai bernama Aktifkan. Nilai Y untuk pengaturan ini memungkinkan boot file Defragmenter. Pengaturan ini defragments boot file dan memindahkan file ke boot awal (tercepat) bagian dari partisi, tapi yang terakhir adalah pernyataan belum diverifikasi. Reboot setelah menerapkan tweak ini.

Mengoptimalkan Startup Programs [msconfig]
**************************************

Msconfig, mirip dengan aplikasi yang termasuk dalam Win9x dengan nama yang sama, memungkinkan pengguna untuk fine tune aplikasi yang diluncurkan pada saat startup tanpa memaksa pengguna untuk mempelajari betul-betul registri. Untuk menonaktifkan beberapa aplikasi yang diluncurkan, beban msconfig.exe menjalankan perintah dari baris, dan pergi ke tab Startup. Dari sana, un-ticking checkbox di samping item startup akan berhenti dari peluncuran. Ada beberapa aplikasi yang tidak akan pernah ingin menonaktifkan (ctfmon comes to mind), tetapi sebagian besar yang sangat bervariasi dari sistem ke sistem.

Baik sebagai aturan praktis, walaupun, hal ini tidak mungkin bahwa Anda akan ingin menonaktifkan sesuatu dalam direktori Windows (kecuali dari pihak ketiga program yang telah terinstal dengan benar ke dalam direktori Windows), dan tidak akan Anda ingin menonaktifkan sesuatu yang berkaitan langsung Anda ke perangkat keras sistem. Satu-satunya perkecualian untuk hal ini bila Anda berhubungan dengan perangkat lunak, yang tidak memberikan keuntungan apapun (beberapa OEM dealer beban sistem Anda dengan perangkat lunak, anda tidak perlu). Yang baik adalah bagian dari msconfig itu tidak menghapus salah satu pengaturan, ia hanya menonaktifkan mereka, sehingga Anda dapat kembali dan memulai kembali startup aplikasi jika Anda menemukan bahwa Anda membutuhkannya. Optimasi ini tidak akan berlaku sampai setelah reboot.

Bootvis Aplikasi
*******************
Program ini dirancang oleh Microsoft untuk mengaktifkan Windows XP ke cold boot dalam 30 detik, kembali dari hibernasi dalam 20 detik, dan kembali dari siaga dalam 10 detik. Bootvis memiliki dua fitur sangat berguna. Pertama, dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses boot pada komputer Anda secara otomatis. Kedua, dapat digunakan untuk menganalisa proses boot khusus untuk subsystems yang mengalami kesulitan loading. Pertama proses khusus sasaran yang prefetching subsistem, serta tata letak boot file pada disk. Bila kedua sistem yang optimal, maka dapat mengakibatkan penurunan yang signifikan dalam waktu yang diperlukan untuk komputer untuk boot.

Sebelum menggunakan Bootvis menganalisis boot atau mengoptimalkan kinerja sistem anda, pastikan bahwa tugas penjadwal layanan telah diaktifkan – program membutuhkan layanan berjalan dengan baik. Selain itu, menutup semua program dan – dengan menggunakan perangkat lunak memerlukan reboot.

Untuk menggunakan perangkat lunak untuk mengoptimalkan sistem startup, pertama mulai dengan penuh analisis yang segar boot. Mulai Bootvis, pergi ke menu Tools, lalu pilih boot berikutnya. Mengatur Trace Pengulangan Pengaturan untuk 2 repetitions, mulai dari 1, dan Reboot secara otomatis. Kemudian mengatur jejak menjadi gerakan. Sepenuhnya sistem akan reboot dua kali, kemudian membuka kembali bootvis dan membuka kedua jejak file (harus dalam nama _2). Menganalisa grafik dan membuat perubahan apapun yang anda rasa sangat penting (ini merupakan alat untuk menentukan program-program startup Anda yang ingin membunuh menggunakan msconfig). Setelah anda membuat optimasi pergi ke menu Trace, dan pilih Optimize System item. Hal ini akan menyebabkan sistem untuk reboot dan kemudian akan membuat beberapa perubahan struktur file pada hard drive (ini termasuk dari boot defragmentation file dan pergeseran mereka ke lokasi yang paling cepat dari hard disk, serta beberapa lainnya optimasi ). Setelah ini dilakukan, sekali lagi menjalankan Trace analisis seperti di atas, kecuali mulai mengubah nomor 3. Ketika sistem telah rebooted kedua kali, membandingkan grafik dari kedua jejak ke grafik untuk keempat jejak untuk menampilkan waktu perbaikan pelaksanaan sistem boot up.

Standar Defragmenter disertakan dengan Windows XP tidak akan membatalkan boot optimasi dilakukan oleh aplikasi ini.

 

———————————–
Kinerja umum Tweaks
———————————–

IRQ Prioritas Tweak
******************
[HKEY_LOCAL_MACHINE \ System \ CurrentControlSet \ Control \ PriorityControl]

Anda perlu membuat yang baru DWORD: IRQ # Prioritas (dimana # merupakan jumlah IRQ yang akan memprioritaskan) dan memberikan pengaturan dari 1. Memberikan pengaturan ini diperlukan IRQ melalui saluran prioritas lainnya IRQs pada tingkat perangkat lunak. Ini bisa sangat penting untuk fungsi-fungsi dan hardware subsystems yang membutuhkan real-time akses ke bagian lain dari sistem. Ada beberapa subsystems yang mungkin manfaat dari kebimbangan ini. Secara umum, saya sarankan baik memberikan Sistem CMOS atau video kartu prioritas. System CMOS umumnya memiliki pengaturan IRQ 8, dan ia memberikan prioritas meningkatkan performa I / O dari sistem. Memberikan prioritas pada kartu video dapat meningkatkan frame rate dan membuat AGP lebih efektif.

Anda dapat memberikan beberapa IRQs prioritas, tetapi saya tidak sepenuhnya tertentu bagaimana sistem berinteraksi ketika beberapa IRQs diberikan prioritas – dapat menimbulkan instabilities acak dalam sistem, meskipun ada yang lebih besar dari sistem yang dibangun parsing ke Windows XP untuk menangani seperti suatu kejadian. Either way, I wouldn’t recommend it.

QoS tweak
*********
QoS (Quality of Service) adalah subsistem jaringan yang digunakan untuk memastikan bahwa jaringan berjalan dengan baik. Masalahnya dengan sistem yang makan sampai 20% dari total bandwidth yang ada pada layanan jaringan komputer (termasuk internet). Jika anda menjalankan XP Professional, Anda dapat menonaktifkan kuota bandwidth untuk sistem menggunakan Group Policy Editor [gpedit.msc].

Anda dapat menjalankan kebijakan grup editor dari Jalankan perintah baris. Untuk mencari pengaturan, expand “Local Computer Policy” dan masuk ke “Administrative Templates” di bawah “Computer Configuration.” Kemudian menemukan “Jaringan” cabang dan pilih “QoS Packet Scheduler.” Di kotak sebelah kanan, klik dua kali pada “Limit Reservable Bandwidth.” Dari dalam tab Setting, aktifkan pengaturan dan kemudian pergi ke dalam “Bandwidth Limit%” dan set ke 0%. Alasan ini adalah bahwa jika anda menonaktifkan pengaturan ini, komputer default ke 20%. Hal ini berlaku bahkan jika anda tidak menggunakan QoS.

Gratis Idle Tugas Tweak
*********************

Tweak ini akan membebaskan waktu pemrosesan dari proses idle dan memungkinkan untuk digunakan oleh aplikasi latar depan. Hal ini berguna terutama jika Anda menjalankan permainan atau aplikasi 3D lainnya. Buat shortcut untuk “Rundll32.exe advapi32.dll, ProcessIdleTasks” dan letakkan di desktop Anda. Double-klik pada setiap saat Anda memerlukan Anda semua pemrosesan daya, sebelum membuka aplikasi.

Windows Indexing Services
Windows Indexing Services membuat database yang dicari membuat sistem mencari kata dan file berlangsung lebih cepat – tetapi, dibutuhkan suatu besar jumlah ruang harddisk serta sejumlah besar siklus CPU tambahan untuk mempertahankan sistem. Kebanyakan pengguna ingin menonaktifkan layanan ini untuk melepaskan sumber daya untuk digunakan oleh sistem. Untuk menonaktifkan pengindeksan, buka My Computer dan klik kanan pada drive di mana Anda ingin menonaktifkan Indexing Service. Masukkan drive dari properti dan umum di bawah tab, untick untuk kotak “Allow the Indexing Service indeks ini ke disk untuk mencari file yang cepat.”

Prioritas Tweak
**************
[HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Control \ PriorityControl]

Pengaturan ini berjalan secara efektif setiap contoh aplikasi sendiri dalam proses aplikasi lebih cepat signifikan untuk performa dan stabilitas yang lebih besar. Hal ini sangat berguna bagi pengguna dengan masalah stabilitas, karena dapat mengisolasi tertentu dari sebuah program sehingga tidak menurunkan seluruh aplikasi. Dan, sangat berguna untuk pengguna Internet Explorer, untuk menipu jika halaman web browser crash jendela, tidak membawa bawah jendela browser lainnya dengannya. Memiliki efek yang sama pada paket perangkat lunak di mana beberapa contoh mungkin berjalan sekaligus, seperti Microsoft Word. Satu-satunya masalah adalah bahwa ini memakan memori yang lebih signifikan, karena contoh dari sebuah program tidak bisa berbagi informasi yang aktif di memori (DLL banyak dan semacamnya harus dimuat ke memori beberapa kali). Karena itu, tidak dianjurkan untuk siapa saja yang kurang dari 512 MB RAM, kecuali mereka berjalan beta software (atau ada beberapa alasan lain yang perlu ditambahkan stabilitas).

Terdapat dua bagian ini tweak. Pertama adalah untuk mengoptimalkan XP prioritas untuk mengendalikan proses. Browse ke HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Control \ PriorityControl dan mengatur “Win32PrioritySeparation” DWORD ke 38. Selanjutnya, masuk ke My Computer dan di bawah Tools, buka menu Folder Options. Pilih tab Lihat dan periksa “Launch folder windows dalam proses terpisah” kotak. Pengaturan ini sebenarnya memaksa setiap jendela ke dalam memori sendiri menginjak dan memberikan prioritas proses terpisah.

Powertweak aplikasi
**********************
xxx.powertweak.com

Powertweak adalah aplikasi, yang bertindak seperti banyak driver untuk chipset kami. It untuk mengoptimalkan komunikasi antara CPU dan chipset, dan membuka beberapa “tersembunyi” fitur chipset yang dapat meningkatkan kecepatan sistem. Khususnya, ia tweaks internal dari register chipset dan prosesor BIOS yang tidak baik untuk komunikasi antara kinerja subsystems. Didukung CPU dan chipset dapat melihat peningkatan yang signifikan dalam I / O bandwidth, meningkatkan kecepatan dari keseluruhan sistem. Saat ini mendukung aplikasi yang paling populer CPU dan chipset, meskipun Anda akan perlu memeriksa situs Web Anda yang spesifik untuk prosesor / chipset combo – programmer yang bekerja pada integrasi lebih chipset dan CPU ke dalam perangkat lunak.

Tugas Jaringan Offload Pengolahan menuju Jaringan Kartu
************************************************** ***
[HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Services \ TCPIP \ Parameter]

Banyak kartu jaringan baru memiliki kemampuan mengambil beberapa jaringan pemrosesan beban dari prosesor berkinerja dan benar pada kartu (seperti banyak Hardware T & L pada kebanyakan kartu video baru). Hal ini dapat secara signifikan lebih rendah CPU proses yang diperlukan untuk menjaga sambungan jaringan, freeing up yang prosesor waktu untuk tugas-tugas lainnya. Ini tidak bekerja pada semua kartu, dan dapat menimbulkan masalah pada koneksi jaringan sistem di mana layanan ini diaktifkan, namun tidak didukung, jadi silakan cek dengan produsen NIC sebelum mengaktifkan tweak ini. Menemukan DWORD “DisableTaskOffload” dan set ke nilai 0 (nilai default adalah 1). Jika tombol tersebut belum tersedia, membuatnya.

XP memaksa untuk membongkar DLL
***********************
[HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ Explorer]
“AlwaysUnloadDLL” = dword: 00000001

XP memiliki kebiasaan buruk tetap dinamis link perpustakaan yang tidak lagi digunakan penduduk di memori. Tidak hanya melakukan DLL berharga atas menggunakan ruang memori, tetapi juga cenderung menimbulkan masalah stabilitas dalam beberapa sistem. Untuk memaksa XP untuk membongkar semua DLL di memori ketika aplikasi yang memanggil mereka tidak lagi di memori, browse ke HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ Explorer dan menemukan DWORD “AlwaysUnloadDLL”. Anda mungkin perlu untuk membuat tombol. Menetapkan nilai ke 1 untuk memaksa sistem operasi untuk membongkar DLL.

Memberikan 16-bit apps sendiri proses terpisah
*********************************************
[HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Control \ WOW]
“DefaultSeparateVDM” = “Ya”

Secara default, Windows XP hanya akan buka satu 16-bit dan menjejalkan semua proses 16-bit apps berjalan di sistem pada waktu yang diberikan ke dalam proses itu. Simulates cara ini MS-DOS dilihat sistem berbasis sistem dan diperlukan untuk beberapa lama aplikasi yang berjalan bersama-sama dan berbagi sumber daya. Namun, kebanyakan aplikasi 16-bit bekerja dengan baik dengan baik oleh dirinya sendiri dan akan mendapat manfaat dari ditambahkan performa dan stabilitas sendiri didedikasikan daya. Untuk memaksa Windows XP memberikan setiap aplikasi 16-bit itu memiliki sumber daya, browse ke HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Control \ WOW dan menemukan String “DefaultSeparateVDM”. Jika tidak ada, Anda mungkin perlu membuatnya. Set nilai ini ke Ya memberikan setiap aplikasi 16-bit sendiri proses, dan Tidak untuk memiliki aplikasi 16-bit semua berjalan dalam ruang memori yang sama.

Nonaktifkan Pengguna Pelacakan
*********************
[HKEY_CURRENT_USER \ Software \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ Policies \ Explorer]
“NoInstrumentation” = dword: 00000001

Pengguna pelacakan dibangun ke dalam sistem Windows XP tidak berguna sampai 99% dari pengguna (terdapat sangat sedikit untuk menggunakan informasi yang dikumpulkan selain untuk sistem yang sangat nosy admin), dan menggunakan sumber daya berharga atas boot, jadi wajar untuk menonaktifkan ini “fitur” Windows XP. Untuk melakukannya, browse ke HKEY_CURRENT_USER \ Software \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ Policies \ Explorer dan menemukan DWORD “NoInstrumentation”. Anda mungkin perlu membuat tombol ini jika tidak ada. Pengaturan standar adalah 0, tetapi pengaturan ke 1 akan menonaktifkan sebagian besar pengguna pelacakan fitur dari sistem.

Thumbnail Cache
***************
[HKEY_CURRENT_USER \ Software \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ Explorer \ Advanced]
“DisableThumbnailCache” = dword: 00000001

Windows XP memiliki fitur rapi untuk file video dan grafik yang membuat “thumbnail” pada gambar atau frame pertama pada video dan membuatnya menjadi sebuah ikon untuk besar berkas. Ada dua cara yang Explorer dapat melakukannya, ia dapat membuat mereka segar setiap kali anda mengakses folder atau dapat memuat mereka dari thumbnail cache. Thumbnail di cache pada sistem dengan sejumlah besar file gambar dan video dapat menjadi staggeringly besar. Untuk menonaktifkan Thumbnail Cache, browse ke HKEY_CURRENT_USER \ Software \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ Explorer \ Advanced dan menemukan DWORD “DisableThumbnailCache”. Anda mungkin perlu untuk membuat tombol. J pengaturan dari 1 dianjurkan untuk sistem dimana jumlah grafis dan video file besar, dan pengaturan dari 0 dianjurkan untuk sistem tidak peduli ruang harddisk, karena memuat file dari cache secara signifikan lebih cepat daripada membuat mereka dari awal setiap kali folder diakses.

Categories: TIPS & TRICK
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: