Home > Virus > Waspadai Ledakan Varian Baru Koobface

Waspadai Ledakan Varian Baru Koobface

Para pengguna PC patut meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya Kaspersky Lab, perusahaan keamanan internet, melaporkan terjadinya ledakan Koobface sepanjang bulan Juni. Kaspersky Lab mendeteksi ada lebih dari 575 varian baru Koobface sepanjang bulan.

Koobface merupakan worm jahat yang pertama kali terdeteksi oleh Kaspersky Lab sebagai Net-Worm.Win32.Koobface, dan menjadi populer setelah muncul hampir setahun yang lalu dengan menargetkan akun Facebook dan MySpace

Worm Koobface menyebar melalui akun pengguna yang sah ke profil teman-teman mereka. Komentar dan pesan yang dikirimkan oleh worm ini berisi link ke sebuah website palsu YouTube yang mengajak pengguna untuk mendowload “versi terbaru dari Flash Player”.

Kemudian, Worm tersebut akan menginfeksi komputer korban. Setelah terinfeksi, PC akan mulai menyebarkan pesan ke teman-teman korban. Saat ini yang rentan menjadi sasaran adalah situs-situs jejaring sosial yang sedang naik daun, seperti Facebook, MySpace, Hi5, Bebo, Tagged, Netlog dan, yang terbaru, Twitter.

“Tanda peningkatan aktivitas kejahatan di dunia maya yang melibatkan jejaring sosial di bulan terakhir membuktikan bahwa strategi yang digunakan oleh orang jahat untuk menginfeksi pengguna jauh lebih efektif bila menambahkan konteks sosial dalam penyerangan mereka,” ungkap Stefan Tanase, Peneliti Malware di Kaspersky Lab.

Lebih lanjut Stefan menambahkan, “Juni 2009 menandakan sebuah tonggak penting dalam evolusi malware di jejaring sosial: aktivitas yang kami lihat pada bulan ini melebihi bulan lain di masa lalu.”

Kaspersky Lab memberikan beberapa tips untuk mengantisipasi serangan tersebut:
Berhati-hati saat membuka link yang masuk dengan pesan yang mencurigakan, meskipun pengirimnya adalah salah satu teman terpercaya di Facebook.
Menggunakan Internet Explorer 7 running in protected mode atau Firefox dengan NoScript diinstal.
Membocorkan informasi pribadi sesedikit mungkin. Jangan memberikan alamat rumah, nomor telepon atau detail pribadi lainnya.
Tetap mengupdate software antivirus untuk mencegah versi terbaru dari malware menyerang komputer.

 

Sumber : www.google.com

Categories: Virus
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: