Home > Berita Heboh, Coretan Pribadi Gw, Tip And Trick, TIPS & TRICK, Web > Cara Download Video YouTube Tanpa Software

Cara Download Video YouTube Tanpa Software

Sebagian besar pengunjung hanya menonton secara online. Ini jelas sangat tidak efektif,
karena setiap kali ingin memutar ulang harus melakukan koneksi ke YouTube dan ini
sangat mahal untuk sebagian besar masyarakat Indonesia dengan mahalnya koneksi
Internet.
Banyak jalan menuju Roma, banyak cara mendownload YouTube. Sudah cukup banyak
software2 pendownload YouTube bermunculan. Tapi YouTube selalu melakukan inovasi
baru agar videonya tidak lagi bisa didownload dengan software itu.
Cara termudah dan teraman adalah Download Lewat Browser. Tidak perlu Browser
khusus. Firefox dan Opera mampu melakukannya. Disini saya akan berbagi sedikit tips
cara mendownload YouTube langsung dari Browser anda tanpa perlu menambahkan
Plugin atau software lainnya.

Tutorial ini saya khususkan untuk Firefox dan Opera. Untuk Internet Explorer (ie), maaf
karena selain memiliki banyak celah keamanan yang tak kunjung diperbaiki, ie juga
membuat standar desgin website sendiri, jadi para webdsigner seringkali mengalami
kesulitan dalam mendisign web gara-gara ie, bisa jadi di firefox dan opera sudah bagus,
tapi begitu dibuka di ie hasilnya berantakan. Karena itu beberapa waktu lalu ie sempat di
gugat oleh Opera.
Ok, back to topic.
1. Buka video YouTube seperti biasa.
2. Play atau putar video tersebut hingga habis.
Cara Download YouTube lewat Firefox :
1. Setelah menjalankan video hingga selesai, sekarang yang perlu anda ketahui
adalah lokasi cachenya.
2. Ketik about:cache?device=disk pada browser
3. Setelah mengetahui lokasinya, meluncurlah ke lokasi tersebut. Contoh : lokasi
cache saya adalah D:\FF\Data\profile\cache
Catatan : Lokasi yang saya contohkan ini pasti berbeda dengan hasil yang akan
anda dapatkan
4. Setalah itu coba cari pada folder tersebut yang memiliki ukuran file yang besar
(biasanya lebih dari 5MB), jika sudah anda temukan, edit nama file dengan
menekan F2, dan tambahi .flv. Contoh : nama file cache saya adalah
2F4A5212d01, agar dapat saya putar saya rename menjadi 2F4A5212d01.flv
5. Pindah file tersebut ke folder lain agar tidak terhapus.
Cara Download YouTube lewat Opera :
1. Setelah menjalankan video hingga selesai lewat Opera, anda perlu mencari tau
lokasi cachenya.
2. Ketik opera:config#UserPrefs|CacheDirectory4 pada
browser
3. Setelah mengetahui lokasinya, meluncurlah ke lokasi tersebut. Contoh : lokasi
cache saya adalah C:\Documents and Settings\rosyidi\Application
Data\Opera\Opera 9\profile\cache4\
Catatan : Lokasi yang saya contohkan ini pasti berbeda dengan hasil yang akan
anda dapatkan
4. Setelah itu coba cari pada folder tersebut yang memiliki ukuran file yang besar
(biasanya lebih dari 5MB), jika sudah anda temukan, edit nama file dengan
menekan F2, dan ubah tmp dengan flv. Contoh : nama file cache saya adalah
opr0000Y.tmp, agar dapat saya putar saya rename menjadi opr0000Y.flv
5. Pindah file tersebut ke folder lain agar tidak terhapus.
Cara Diatas dapat pula diterapkan untuk jenis file lainnya seperti flash, dll. Karena
ada pula flash yang tidak bisa didownload hanya file swfnya saja, karena file
tersebut memakai flash dalam flash, dan semua itu dapat didownload dengan
mudah dengan cara diatas
PERINGATAN : TUTORIAL INI BERTUJUAN UNTUK MENDOWNLOAD VIDEO
PENDIDIKAN DI YOUTUBE. KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS
PENYALAHGUNAAN TUTORIAL INI UNTUK PEMBAJAKAN, DLL.

  1. 24 November 2010 at 18:32

    makasih infonya mas, mau nyoba dulu

    • Ifank_Funky
      25 November 2010 at 15:24

      @erna

      Sama-sama mba,semoga bermanfaat.

  2. 27 September 2014 at 11:57

    It’s awesome in support of me to have a website, which is beneficial designed for my experience.
    thanks admin

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

